Andi Mahfud: Pepres 55 Tahun 2022, Angin Segar Bagi Pertambangan Masyarakat

by -414 views

Andi Mahfud.S.Sos anggota DPRD Soppeng

KABAR-SATU, SOPPENG —  Anggota Komisi II DPRD Soppeng Andi Mahfud angkat bicara terkait Pepres Nomor 55 Tahun 2022, tentang Pendelegasian Pemberian Perizinan Berusaha di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Anggota Dewan Dapil Marioriwawo ini mengatakan, Pepres tersebut memberikan angin segar bagi masyarakat, dalam rangka memudahkan kepengurusan Izin Usaha Pertambangan (IUP), khususnya mineral non logam.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Soppeng yang membidangi Ekonomi dan Pembangunan , Izin Usaha Pertambangan (IUP), khususnya pertambangan mineral non logam, sudah sewajarnya dikelola oleh daerah. 

Pasalnya, Daerah bisa merasakan langsung dampak positif dari pengelolaan perizinan, terutama dari segi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Selama ini seluruh perizinan pertambangan dikelola oleh pemerintah pusat, mulai dari yang besar hingga yang kecil,”pungkas Politisi Nasdem ini kepada Wartawan,Rabu (20/4/2022).

Diakuinya, keberadaan Perpres Nomor 55 Tahun 2022 tentunya memberikan angin segar bagi masyarakat dan pemerintah daerah. Khususnya di Bumi Latemmamala, untuk mengelola langsung IUP dalam rangka meningkatkan PAD melalui pajak perizinan, termasuk memudahkan masyarakat untuk mengurus izin tersebut tanpa harus datang ke pusat.

Ia menyebutkan, Selama ini untuk mendapatkan IUP, pertambangan mineral non logam, masyarakat harus mengurus perizinan tersebut ke pemerintah pusat dan memakan waktu cukup lama.

“Sedangkan usaha pertambangan harus tetap berjalan sembari menunggu perizinan dkeluarkan oleh pemerintah pusat. Sehingga penanganan IUP tersebut menjadi tidak efisien dan justru memberatkan masyarakat,”tutupnya. (**)