Baznas Tagetkan Pengumpulan Zakat Pada Instansi Pemerintah

by -336 views

Ketua DPRD yang juga bakal calon Bupati Soppeng Syahruddin M Adam menyerahkan bantuan Zakat

KABAR-SATU,SOPPENG — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Soppeng, melaksanakan Sosialisasi Zakat, Infaq dan Sedekah, diruang pola kantor Bupati, Rabu (19/1/2022).

Ketua Baznas Kabupaten Soppeng KM Satturi mengatakan, pengumpulan zakat yang harus melalui Baznas di dasarkan pada undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2014 tentang pengelolaan zakat dan SK Baznas Kabupaten/Kota.

“Dengan adanya dasar hukum yang ada, Baznas dalam sosialisasi kali ini menyampaikan bahwa yang berhak untuk menarik zakat adalah Baznas terbentuk mulai dari tingkat pusat ,Provinsi hingga kabupaten kota berada di wilayah Indonesia,”katanya.

Kata dia, pengumpulan zakat oleh Baznas, di targetkan pada instansi Pemerintah yang berada di wilayah kabupaten Soppeng, dimana prioritas pada zakat fitrah, dan zakat profesi, atas penghasilan yang diperoleh oleh pengembangan potensi diri, yang dimiliki seseorang dengan cara yang sesuai syariat.

“Kami dari Baznas mengajak seluruh lapisan abdi negara yang dalam hal ini ASN,TNI – Polri untuk memulai bergerak membentuk Unit pengumpulan zakat,'”ajaknya.

Sementara Panitia pelaksana Muhajirin Arman menyebutkan, sosialisasi itu, merupakan salah satu program kerja Baznas Kabupaten Soppeng, yang akan menjadi momentum kebangkitan zakat.

“Kami harap sosialisasi ini akan memberikan pemahaman serta optimalisasi pengelolaan zakat dan infaq sedekah, yang akan segera kita implementasikan dalam suatu tindakan yang nyata di seluruh elemen masyarakat,”ujarnya.

Sekedar diketahui, Acara yang di buka langsung oleh Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, turut di hadiri, Ketua DPRD, Para Anggota Forkopimda , Ketua Pengadilan Negeri bersama Pengadilan Agama. (**)