Program Prioritas Pembangunan Daerah Harus di Dukung Ketersediaan Anggaran

by -323 views

Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi razak.S.E

KABAR-SATU,SOPPENG — Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak membuka secara langsung acara Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Soppeng Tahun 2023, Selasa (18/1/2022).

Kaswadi mengatakan, Forum konsultasi publik ini, menjadi wahana untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap, tujuan sasaran dan program pembangunan daerah sebagai bagian dalam penyusunan RKPD untuk Tahun Anggaran 2013.

“Forum ini juga merupakan tahapan penting sebelum dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD kecamatan, forum lintas perangkat daerah dan musrenbang RKPD Kabupaten,”katanya.

Menurut mantan Ketua DPRD dua periode ini, penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2023, berpedoman pada arah pembangunan, berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) kabupaten Soppeng 2005-2025,

“Tentunya program prioritas pembangunan Daerah tahun 2023 ini harus didukung dengan ketersediaan anggaran yang memadai melalui kebijakan pendapatan dan belanja daerah yang sehat, berkesinambungan dan akuntabel,”Pungkasnya.

Kaswadi menyebutkan, beberapa isu strategis nanti di tahun 2023 yaitu, pemenuhan standar minimal pelayanan dasar, perbaikan Kesejahteraan Sosial, penguatan ekonomi wilayah, peningkatan daya saing daerah, optimalisasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), perbaikan tata kelola pemerintahan.

“saya himbau kepada pimpinan SKPD bahwa penyusunan program dan kegiatan tahun 2023 agar memperhatikan dan menyelaraskan dengan prioritas pembangunan yang telah dicanangkan, sehingga terbangun sinergitas program pembangunan dari setiap entitas,”Ujarnya.

Dengan demikian, kepala SKPD harus mampu menterjemahkan untuk diterapkan oleh perangkat daerah melalui program kegiatan yang disusun dalam Rancangan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah. (Hen)