Sabar…! Jembatan Pacongkang Tidak Memiliki Anggaran Pemeliharaan 

by -761 views

Kondisi jembatan pacongkang (foto ist)

KABAR-SATU,SOPPENG — Terkait dengan kerusakan jembatan Pacongkang, dimana besi pelat jembatan yang dibangun pada tahun 1980an itu menganga, yang dapat membahayakan pengendara melintas, kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Selatan Astina Abbas angkat bicara.

Menurut Astina, jembatan Pacongkang sementara proses lelang serta jembatan yang lama tetap dipelihara UPT.

“Jembatan Pacongkang sementara proses lelang sementara jembatan lama tetap dipelihara sama UPT,”katanya saat di hubungi melalui pesan singkat WhatsApp belum lama ini.

Khalid Kepala UPT Wilayah 5 pemeliharaan rutin jalan dan jembatan, Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Selatan menyebutkan, Untuk jembatan yang terletak di Desa Barang itu, tidak ada anggaran pemeliharaan, dikarenakan kata dia, jembatan baru sudah mulai dikerja Tahun lalu. Selain itu dikarenakan keterbatasan anggaran juga.

“Itu jembatan pacongkang tidak ada anggaran pemeliharaan rutinya.Karena jembatan baru sudah dikerja mi mulai tahun lalu, nanti mubasir anggaran kalau sudah ada pembangunan baru dikerja lagi,”katanya melalui telepon seluler, Kamis (26/5/2022).

Terkait dengan pelat besi yang mengaga pada jembatan itu, Khalid mengklaim dari sambungan oprit, serta itu tidak mempegaruhi struktur jembatan.

Namun demikian, pihaknya akan mengerjakan pelat besi yang menjadi keluhan warga dan pengendara.

“Ditanya dulu bagian perencanaan apakah di potong atau kita tutup dulu, insya Allah kalau kami sudah mendapatkan dari Bintek bagaimana solusinya akan di kerja mi,”pungkasnya.

Ia mengakui, faktor rusaknya jembatan yang menghubungkan dua Kecamatan ini, juga karena adanya mobil truk sering keluar masuk yang melebihi kapasitas muatan.

“Ini juga salah satu penyebab, padahal kita sudah pasang papan peringatan Makximal 6 ton,”tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala dinas PUPR Kabupaten Soppeng Andi Haeruddin meminta PU Provinsi untuk sesegera merespon.keluhan warga dan pengendara ,terkait dengan rusaknya jembatan yang menghubungkan Kabupaten Bone tersebut. (Hen